Home / Artikel / Temukan Keunikan Dirimu

Temukan Keunikan Dirimu

 
Anda tentu percaya bahwa setiap orang harus berani menjadi dirinya sendiri. Bukan sekedar mengkopi orang lain. Setiap orang, termasuk diri kita. Ketisaksanggupan kita menjadi diri sendiri menunjukkan adanya krisis kepribadian. Kita semua percaya itu. Masalahnya, sejauh mana Anda sungguh-sungguh percaya soal itu?
Kepada anak kita bilang “Kamu harusnya seperti Kakak dong…” padahal kita tahu, anak bungsu kita beda dengan si sulung.
Pada anak buah kita, kita bilang “dulu waktu saya diposisi kamu saya bla bla bla…” padahal kita tahu bahwa anak buah kita, beda dengan kita.
Ironisnya lagi, pada diri kita sendiri pun kita suka menuntut agar menjadi seperti orang lain. Ketika lagi nyesek. Waktu lagi kere. Saat sedang memble. Kita kepengen menjadi orang lain. Kita begitu. Tapi gak mau ngaku.
Saya, memaksa diri untuk menjadi diri sendiri yang unik. Bahkan dalam salah satu training saya, saya mengajak orang lain untuk mambangun dan mengembangkan keunikan pribadi. Karena, disitulah letak kekuatan yang Tuhan berikan pada kita. Tak seorang pun bisa menyaingi kita dalam keunikan pribadi kita.
Saya harus akui bahwa itu tidak mudah. Ketika berhasil membawa diri sendiri untuk menjadi trainer unik, misalnya. Saya berhasil memenangkan kontest antar trainer profesional. Tapi itu dalam kontes adu bakat. Dalam kehidupan nyata? Nggak semudah itu.
Ada saja yang justru menganggap saya trainer aneh. Dikelas training, menjelaskan suatu pelajaran sambil mengendarai sepeda misalnya. Aneh. Tapi, that is a unique me.
Yang memandang buruk banget juga ada. Misalnya, dulu saya pernah bergabung dengan sebuah provider training yang besar dan terkenal sebagai associate trainer. Hanya beberapa kali saja mengajar. Lalu mereka mengatakan “cara Kang Dadang membawakan materi training itu tidak pas…”
Saya. Memilih berhenti bekerjasama dengan provider training itu daripada harus meninggalkan keunikan pribadi saya. Keras kepala? Mungkin. Ndablek? Saya terima vonis itu.
Rugikah kita kalau tetap gigih menjaga keunikan pribadi kita? Tidak. Order training saya jalan terus. Mayoritas klien repeat order. Dan. Tanpa saya duga. Sebuah perusahaan provider training yang sarat dengan ilmu, intelektualitas, dan dikenal sebagai provider terdepan dalam management perubahan memberi saya kesempatan.
Mereka memghargai saya bukan karena keluasan ilmu saya. Karena, banyak banget orang yang ilmunya jauuh lebih tinggi dari saya. Mereka. Melihat dan memberi tempat pada keunikan dalam diri saya. Sudah sejak tahun 2014 lalu saya bekerja sebagai faculty member disana.
Sahabatku. Ketika Anda berjuang mengembangkan keunikan pribadi Anda. Mungkin Anda akan dianggap sebagai orang aneh. Dan mungkin, Anda dianggap gila juga. Tapi ketahuilah bahwa; melalui keunikan itulah Allah memberi kita modal dan kekuatan untuk saling melengkapi dengan sesama.
Bayangkan jika manusia diciptakan sama? Tak indah lagi dunia. Dan bayangkan kalau kita sama. Maka kita tak punya daya saing apapun. So my friend. Temukan keunikan dirimu. Sekarang.
Catatan kaki:
Anda itu unik. Anda sudah tahu itu. Tapi, sejauh mana Anda mau memperjuangkan keunikan yang Anda miliki hingga menjadi keunggulan pribadi Anda?

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment