Home / Artikel / Syarat Sampai Kepada Tuhan

Syarat Sampai Kepada Tuhan

 
“Berlomba-lombalah dalam berbuat kebajikan.” Demikian kita dinasihatkan. Lalu, apakah setiap kali melakukan kebajikan kita akan mendapatkan balasan berupa kebaikan pula? Dihadapan sesama manusia, iya.
Setiap orang baik, pasti disukai manusia lainnya kan? Hidupnya ditaburi berbagai pujian. Bahkan tak jarang yang dibela mati-matian. Tapi, apakah dia juga akan mendapatkan pahala kebaikan disisi Tuhan?
Tidak akan sampai kepada Tuhanmu bahkan hanya selembar bulunya sekalipun; ketika engkau berkurban. Padahal, untuk berkurban engkau melakukan pengorbanan. Engkau memberi manfaat kepada orang lain. Tapi tidak sampai kepada Tuhan barang sedikit pun.
Lantas, apa yang sampai kepada Tuhan jika demikian? “Ketakwaanmu.” Demikian Rasulullah menegaskan. Hanya ketakwaan yang bisa menembus sekat penghalang antara kita dengan Tuhan. Lainnya. Tidak.
Maka ketika berbuat baik itu, kita tidak dijamin mendapatkan balasan berupa kebaikan dalam pandangan Tuhan. Jika didalam melaksanakan kebaikan itu tidak mengikutsertakan ketakwaan.
Lalu apa sih ketakwaan itu? Mungkin akan banyak versi jika dideskripsikan. Tapi orang yang bertakwa, memiliki serangkaian ciri yang sama. Salah satu ciri utamanya adalah;”Dia tidak mengharapkan imbalan dari siapapun, selain dari Allah ta’ala semata”.
Orang yang lurus itikadnya dalam berbuat baik itu hanya dan hanya untuk Allah saja, bisa dipastikan sebagai orang yang bertakwa. Maka dari takwa itu, sifat ikhlas mengikutinya. Sehingga dia, tidak kecewa jika tak seorang pun mengenali, dan menyanjungnya dengan puja dan puji.
Hal itu berlaku tidak hanya dalam urusan ibadah ritual saja. Melainkan juga dalam segala aspek kehidupan. Termasuk urusan pekerjaan. Karena pada hakikatnya, semua tindakan kita disaksikan Allah. Dan semuanya bernilai ibadah. Jika ketika melakukannya, kita menyertakan ketakwaan.

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment