Home / Artikel / Sikap Anak Buah Kepada Kita

Sikap Anak Buah Kepada Kita

 

Kalau Anda sudah punya anak buah, coba perhatikan; lebih banyak anak buah yang bersikap positif kepada Anda, atau sebaliknya? Ketika mereka berbeda pendapat dengan Anda misalnya. Apakah sikap mereka sudah sejalan dengan harapan Anda?

 

Boleh jadi, sikap anak buah kepada Anda itu merupakan cerminan sikap Anda kepada atasan Anda. Ingatlah bahwa sebagai atasan, perilaku Anda dilihat anak buah. Dan mereka mungkin menirunya dalam berperilaku.

 

Oleh karenanya, cara Anda bersikap kepada atasan bisa menjadi contoh bagi anak buah Anda untuk bersikap kepada Anda. Jika Anda suka ngomongin kekurangan atasan misalnya; maka anak buah Anda pun akan melakukan hal yang sama tentang Anda.

 

Jika Anda menyikapi perbedaan dengan atasan dengan cara yang buruk. Maka anak buah Anda kelak akan bersikap buruk kepada Anda saat mereka berbeda pandangan dengan Anda.

 

Sebaliknya, jika Anda bersikap baik kepada atasan sekalipun tidak punya kesamaan pandangan. Maka anak buah Anda melihat contoh nyata, bagaimana sebaiknya seorang anak buah bersikap kepada atasannya.

 

Mustahil Anda mendapatkan rasa hormat dari anak buah jika Anda sendiri tidak memiliki rasa hormat kepada atasan Anda. Bagaimana kita respek pada atasan yang tidak respek pada atasannya sendiri kan?

 

Jika Anda tidak selalu sejalan dengan atasan, maka ketahuilah bahwa anak buah Anda pun tidak akan selalu sejalan dengan Anda. Lalu, sikap seperti apa yang Anda harapkan dari mereka? Nah, persis seperti itulah semestinya Anda bersikap terhadap atasan Anda.

 

Bagaimana jika atasan Anda pun bersikap buruk terhadap atasannya yang lebih tinggi? Bukankah Anda bisa meniru sikap buruknya kepada atasannya itu? Bisa. Tapi tidak berarti harus. Boleh, kalau ingin meniru keburukan perilakunya. Tapi, Anda kan tidak ingin anak buah Anda berperilaku buruk kepada Anda.

 

Maka potonglah pola perilaku buruk anak buah kepada atasan ini cukup hingga ke level atasan Anda. Jangan Anda tiru. Yang artinya, tidak Anda tularkan kepada anak buah Anda. Caranya, tetaplah bersikap baik kepada atasan Anda. Dalam situasi seperti apapun. Dengan cara itu, Anda menanamkan nilai-nilai positif didalam diri anak buah Anda.

 

Dengan begitu, mereka bisa tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang baik. Yang tahu persis bagaimana caranya bersikap kepada atasannya. Pribadi yang paham nilai-nilai kepantasan saat berinteraksi dengan atasan. Baik ketika pemikiran mereka sejalan dengan atasan. Maupun saat saling berseberangan.

 

Inilah salah satu sumber kenikmatan dalam menjalankan tugas kepemimpinan. Yaitu ketika sekalipun Anda tidak selalu bisa menyenangkan anak buah, namun mereka tetap respek pada Anda.

 

Karena mereka tahu bahwa Anda, adalah orang yang respek kepada atasan Anda. Sekalipun Anda tidak selalu sejalan dengannya. Meskipun Anda kadang tidak selalu mendapatkan apa yang Anda inginkan darinya. Walaupun kadang Anda tidak setuju dengannya.

 

Namun Anda tetap bersikap positif kepada atasan Anda. Dan anak buah Anda pun bersikap positif kepada Anda. Kalau anak buah Anda juga punya anak buah lagi; maka Insya Allah, mereka pun akan mendapatkan respek yang sama dari anak buahnya. Maka lingkungan kerja Anda, akan berubah menjadi tempat yang menyenangkan….


Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment