Home / Artikel / Nikmatilah Akhir Pekan Ini

Nikmatilah Akhir Pekan Ini

 
Hari libur itu hanya cocok buat orang yang punya pekerjaan. Seperti akhir pekan ini, misalnya. Kalau buat orang yang tidak berstatus sebagai pegawai seperti saya, nggak cocok. Karena tidak ada boss yang menggaji saya, sehingga setiap detik yang ada mesti digunakan untuk mencari nafkah buat keluarga.
Enakan mana dibandingkan dengan para profesional kantoran yang menerima gaji rutin setiap bulan? Kalau mempertimbangkan berbagai hal, overall bisa dibilang; masing-masing ada plus dan minusnya.
Saya bisa bilang begitu, karena pernah berada pada posisi sebagai pekerja profesional juga. Gaji lumayan. Traveling sering. Kredit mobil dibayarin kantor. Masuk rumah sakit  pun nggak perlu merogoh kocek sendiri. Tapi, ada hal lain yang hanya bisa didapatkan oleh para entrepreneur.
Masing-masing ada suka dukanya. Ada senang dan susahnya. Dan ada pula ‘kegundahannya’. Jadi, sungguh tidak relevan jika kita mempertentangkan kedua posisi itu. Atau menilai yang satu lebih baik dari yang lainnya. Atau, merasa pilihan hidup kita keliru. Karena, kita sudah mengambil
pilihan yang tepat. Apapun itu.
Lalu, kenapa saya meninggalkan kemapanan sebagai profesional? Selain karena mengenal diri saya sendiri, saya berinteraksi dengan cukup banyak mantan boss. Tentu, kehidupan mereka mapan banget. Tapi itu dulu. Sekarang, tidak lagi. Kebanyakan, malah bergantung kepada ‘belas kasihan’ anak-anaknya.
Dari mengenal diri sendiri, saya yakin bahwa hidup saya akan lebih bernilai kalau tidak terikat pada pekerjaan formal. Maka senikmat apapun yang saya dapat, saya rela melepaskannya.
Dan dari mengenal para mantan boss itu, saya meyakini bahwa diusia senja; seseorang harus tetap produktif. Maka sesulit apapun tantangannya, saya bersedia belajar menempuhnya.
Ternyata, memang tidak gampang jadi entrepreneur itu. Gampangan jadi pegawai. Namun kan namanya juga belajar. Kita memang bakal kesulitan sampai benar-benar mahir. Perjalanan menjadi mahir itu, ternyata ada lika-likunya tersendiri. Yang hanya bisa dilalui oleh mereka yang menolak untuk berhenti.
Jika Anda seorang karyawan profesional, maka nikmatilah akhir pekan ini. Karena, setelah lelah bekerja seminggu penuh; tubuh Anda berhak untuk dimanjakan.
Jika Anda orang yang sedang belajar menjadi entrepreneur, maka nikmatilah akhir pekan ini. Karena, kesediaan Anda untuk terus produktif disaat orang lain sedang bersantai; akan menjadi bekal buat Anda untuk terus produktif hingga usia senja kita kelak. Aamiin.
Have a nice weekend friends…..
Catatan kaki:
Nggak masalah kok kalau kita focus membangun karir sampai bagus. Punya tabungan yang cukup buat menjalani usia senja. Sama saja, dengan mereka yang memutuskan untuk membangun kemandiriannya dengan cara punya usaha.

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment