Home / Artikel / Menjadi Pribadi Yang Bertanggungjawab

Menjadi Pribadi Yang Bertanggungjawab

 
Pasti ada seseorang yang bertanggungjawab atas setiap kejadian kan? Dikantor, dirumah, dimana saja. Jika terjadi sesuatu; tentu ada pihak yang bertanggungjawab terhadap kejadian itu.
Iya. Tapi siapa yang bertanggungjawab? Nah, untuk menemukan siapa yang bertanggungjawab itulah yang nggak mudah. Kenapa? Karena orang yang seharusnya bertanggungjawab, cenderung berlepas tangan alias melarikan diri dari tanggungjawabnya.
Padahal keberanian untuk mengambil tanggungjawab merupakan ciri kualitas pribadi yang baik. Maka seseorang yang lari dari tanggungjawab, menunjukkan kekerdilan pribadinya.
Lalu, bagaimana cara melatih diri dalam mengambil tanggungjawab? Sederhana. Pertama, sadarilah bahwa sikap bertanggungjawab itu adalah baik. Jangankan bertanggungjawab pada hal baik. Ketika kita melakukan kesalahan pun, kalau mau mempertanggungjawabkannya secara ksatria; nilai diri kita, tetap baik.
Kenapa? Karena tidak ada manusia yang tak pernah berbuat salah. Maka ketika berani mempertanggungjawabkan kesalahan, kita tidak akan kehilangan harga diri kita. Manusia, bahkan cenderung respek kepada orang yang bersikap ksatria.
Kedua, banyak-banyaklah mengambil tanggungjawab. Karena kebiasaan kita mengambil tanggungjawab, menunjukkan jika kita adalah; pribadi yang bisa diandalkan. Dan layak memikul tanggungjawab yang penting dari pengambil keputusan.

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment