Home / Artikel / Mengecewakan Yang Memberikan

Mengecewakan Yang Memberikan

 
Misalnya Anda memberi sesuatu kepada seseorang. Kemudian orang itu menggunakan pemberian Anda untuk menentang Anda. Bakal senangkah Anda kepada orang itu? Tentu tidak. Kebangetan deh itu orang. Nggak tahu terimakasih. Nggak layak untuk dikasih apa-apa lagi. Betul ya? Iya. Tapi apa ada orang yang kelakuannya begitu?
 
Banyak. Dan boleh jadi, kita adalah salah satunya. Betul kan? Anda boleh menyangkalnya karena kalau seseorang memberi Anda sesuatu yang berharga, maka akan Anda jaga perasaan orang itu kan?
 
Tapi bagaimana dengan pemberian dari Tuhan. Apakah kita menggunakannya untuk hal-hal yang disukai Tuhan? Dengan harta yang kita miliki, misalnya. Untuk urusan apa digunakan?
 
Contoh sederhana. Smart phone keren Anda. Digunakan dijalan kebaikan nggak? Insya Allah ya. Jangan sampai gadget canggih itu malah digunakan untuk kemaksiatan. Meski sekedar saling berkirim pesan yang tidak pantas dengan teman chattingan. Bukankah kasus perselingkuhan dizaman ini berkaitan dengan smart phone?
 
Lah Dang, itu mah sudah gak aneh atuh. Namanya juga zaman modern.
Keliru, kalau kita menganggapnya sebagai modernisasi. Karena 1500 tahu lalu pun Allah sudah memperingatkan fenomena itu. “Dan kamu menjadikan rezeki yang kamu terima dari Allah itu untuk menentang-Nya?” Demikian firman-Nya dalam surah Waqi’ah ayat 82.
 
Jadi, tidak patut menganggap semua perilaku buruk itu sebagai bagian dari kemajuan zaman. Mestinya, semakin modern kita; semakin canggih kepatuhan kita kepada Allah ta’ala kan?
 
Semoga, kita tidak termasuk orang yang disindir Tuhan itu. Semoga pula, kita diberi kemampuan untuk menggunakan setiap kepemilikan kita; dijalan kebaikan. Agar Tuhan tidak kecewa. Sehingga Dia, semakin sayang kepada kita. Aamiin.
Catatan kaki:
Keberlimpahan akan mendekatkan orang biasa pada keburukan. Sedangkan bagi orang yang gemar bersyukur, keberlimpahan akan mendekatkannya pada kebaikan.
 

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment