Home / Artikel / Mencegah Anak Buah Pindah Tempat Kerja

Mencegah Anak Buah Pindah Tempat Kerja

 
Punya anak buah yang bagus itu merupakan dambaan setiap atasan. Makanya, banyak atasan yang mengincar staf-staf bagus di departemen lain atau perusahaan lain untuk bergabung dengan teamnya. Boleh jadi, anak buah Anda yang bagus sekarang sedang diincar oleh boss lain. Apa yang Anda lakukan agar dia tidak hengkang?
Menaikkan gaji jelas bukan opsi yang bisa Anda lakukan. Terutama jika Anda bukan pengambil keputusan tertinggi disana. Kabar baiknya adalah; gaji bukanlah faktor utama hengkangnya seseorang. Jika perusahaan sudah menggaji dengan layak, biasanya orang tidak hengkang demi gaji atau iming-iming finansial lainnya.
Ada banyak faktor lain yang lebih besar pengaruhnya terhadap hengkangnya orang-orang bagus. Namun SATU faktor paling penting adalah; sikap dan perilaku atasan langsungnya. Tidak sedikit loh, orang bagus yang pindah padahal gajinya nggak berubah. Dan fasilitas ditempat baru juga nggak lebih baik dari yang sebelumnya. Tahu kenapa? Atasannya.
Jika punya atasan yang asyik, maka Anda akan loyal kepadanya. Jika atasan Anda memperhatikan masa depan karir Anda, maka Anda akan suka rela bekerja disampingnya. Jika bisa belajar banyak hal dari atasan Anda, maka Anda akan selalu berkomunikasi dengannya. Termasuk soal ditawari posisi lain.
Maka begitu juga yang akan dilakukan oleh anak buah Anda, ketika mereka menilai Anda sebagai atasan yang asyik, yang peduli, yang perhatian, yang bersedia memperjuangkan masa depan karirnya. Mereka, akan loyal pada Anda. Bahkan kalau Anda yang pindah pun mereka bertanya;“Pak saya ikut pindah dong…”
Cara memimpin ternyata, yang menjadi penentu kerekatan atau keretakan hubungan antara atasan dan bawahan itu. Pola kepemimpinan yang bagus akan merekatkannya. Sedangkan keretakan hubungan, hampir bisa dipastikan ada kaitannya dengan pola kepemimpinan yang buruk.
Tidak ada orang yang tidak suka uang. Jadi kalau ditawari gaji lebih tinggi, normalnya bakal mau. Tetapi, tidak semua hal bisa digantikan dengan uang. Suasana kerja yang menyenangkan sebagai buah dari hubungan atasan dan bawahan yang bagus itu misalnya.
Oleh karenanya, walaupun boss lain menawari gaji lebih tinggi. Anak buah Anda bakal memilih untuk tetap bersama Anda. Jika sebagai atasannya, Anda bisa dia andalkan. Untuk menjadi pemimpin yang menyayomi. Peduli. Dan layak dikagumi. Dia akan memilih untuk tetap bersama Anda. Walaupun sering digoda untuk pindah tempat kerja.

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment