Home / Artikel / I Have A Plan For….

I Have A Plan For….

 
Punya anak buah yang bisa diandalkan itu adalah sesuatu banget. Setiap atasan mendambakan itu. Masalahnya, untuk mendapatkan anak buah yang bagus tidaklah semudah itu. Lebih tidak mudah lagi untuk mempertahankannya.
 
Sekarang saya akan membahas bagian yang paling tidak mudahnya. Kita tahu bahwa anak buah yang bagus itu: 1. Laku di pasar tenaga kerja, dan 2. Tidak betah berada pada satu posisi berlama-lama. Jadi, seperti menggenggam belut. Geol sana. Geol sini. Kalau tidak cukup kuat mencengkeramnya, akan lepaslah dirinya.
 
Bagaimana dong caranya supaya anak buah yang bagus itu bisa betah bekerja di team Anda? Mungkin banyak hal bisa dicoba. Tapi, kadang cara yang efektif untuk satu orang, tidak bisa diterapkan pada orang lainnya. Makanya sebagai atasan, kita dituntut untuk kreatif.
 
Sekalipun demikian, ada satu aspek mendasar yang wajib dimiliki oleh seorang atasan. Aspek ini, Insya Alloh bakal cocok untuk ‘semua’ anak buah potensial Anda. Kok pede banget? Karena. Sudah diuji coba. Dan dibuktikan. Weiss, kaya orang jualan aja. Tenang. Anda tidak harus membeli apa pun dari saya.
 
Saya temukan rumusan itu ketika menghadap atasan. Ceritanya begini. Sebagai profesional, saya termasuk yang tidak betah berlama-lama dalam satu posisi dan fungsi tertentu. Makanya, energi didalam diri senantiasa ‘mendesak’ untuk mencari, melakukan, mendapatkan hal baru. Walhasil. Saya ngadep boss.
 
Waktu itu. Sudah bulat keputusan dengan ‘pilihan karir’saya sendiri. Kami duduk berhadapan. Lalu saling bicara. Kemudian, saya keluar dari ruang kerja boss dengan keputusan yang bulat untuk… bekerja lagi bersamanya…. halah.
 
Eit. Ingat. Topik kita adalah tentang mempertahankan anak buah yang bagus. Sekarang. Menurut Anda. Apa yang dilakukan oleh pak Boss sehingga saya nggak jadi pergi? Think about it.
 
Berikut ini adalah kemungkinannya: Dikasih kenaikan gaji? Umum dilakukan. Tapi tidak efektif buat profesional yang kerjanya nggak semata-mata demi uang. Jadi bukan itu.
 
Dikasih kenaikan jabatan? Banyak dipraktekkan juga. Tapi nggak efektif buat orang yang tidak mabuk jabatan. Juga bukan itu.
 
Dijanjikan untuk dikasih bonus 2 kali lipat? Kebiasaan banyak atasan tuch. Tapi, profesional yang pinter tahu bahwa bonus itu ada kaitannya dengan ini dan itu. Bukan. Bukan begitu.
 
Apa lagi? Coba Anda terka. Apa yang dilakukan seorang atasan hebat biar anak buahnya mau bekerja lebih lama bersamanya?
 
Ini yang dilakukan oleh boss saya. Ketika saya datang dengan 100% keyakinan bahwa inilah saatnya untuk say good bye….
 
Dia bilang;”Dadang. I have a plan for you….”
 
Menurut pendapat Anda, saya akan bilang “I don’t care. I am quit!”? Tidak. Tidak seorang pun yang hendak pergi secara baik-baik bakal bersikap primitif begitu. Tapi. Keukeuh mah tetep.
 
“Ok. I understand that you have your own plan.” Katanya. “But you may consider to listen to my plan for you too…” lanjutnya. “Then you decide what best for you.”
 
Saya tidak akan melanjutkan ceritanya. Karena kita bukan sedang mendongeng. Kita sedang mencari cara untuk mempertahankan orang terbaik di team kita. Supaya siapapun dia. Apapun orientasinya. Bisa kita hadapi dengan cara yang bakal cocok buat mereka. Semacam teknik sapu jagat. Dan sekarang Anda sudah tahu tekniknya. Tinggal diterapkan saja.
 
Namun sebelum kita akhiri diskusi ini. Mari kita bahas intisarinya. As a leader, you have to PUNYA A PLAN FOR YOUR ANAK BUAH yang bagus. Bikin sebuah plan yang menarik hatinya. Sehingga dia tidak melihat opsi lain yang lebih baik selain stay bersama Anda.
 
Pertanyaannya adalah; sudahkah Anda punya plan buat anak buah Anda? Hayo. Mulai sekarang. Biar Anda bisa mempertahankan orang-orang terbaik Anda.

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment