Home / Artikel / Bagaimana Menghormati Hak Orang Lain

Bagaimana Menghormati Hak Orang Lain

 
Antara hak dan kewajiban itu seperti keping mata uang. Ada hak, maka ada kewajiban. Nggak bisa nuntut hak saja, sambil abai pada kewajiban. Sayangnya, manusia lebih suka menuntut hak. Bahkan mengira hak orang lain pun adalah haknya juga. Sehingga merenggut hak orang lain, menjadi pemandangan biasa dizaman kita.
 
Pagi ini, sahabat saya membacakan sebuah hadits berisi nasihat Rasulullah. Beliau sholallaahu ‘alaihi wasallam bersabda;“Orang yang selama hidupnya suka mengambil hak orang lain, maka diakhirat kelak; dia akan memikul semua hak orang lain yang pernah diambilnya itu diatas pundaknya”.
 
Yang namanya mengambil hak orang lain, tidak selalu dengan cara mencuri atau merampok. Kadang dengan menahannya. Atau tidak menunaikan kewajiban kita kepada mereka. Apa hak anak buah Anda, misalnya. Tunaikan. Karena jika tidak, maka kelak hak mereka yang tidak Anda tunaikan itu akan membebani pundak Anda.
 
Berani mengakali anggaran? Saya tidak ikut campur. Berani apa tuch yang sekarang lagi tren… emmh korupsi? Saya tidak punya kewenangan untuk menghalangi. Tapi, di hari Jumat ini, mungkin saya bisa mengingatkan. Pada diri saya sendiri, dan pada Anda juga jika berkenan. Di akhirat kelak, perjalanannya sangat berat. Jangan sampai perampasan hak orang lain itu menambah beban di pundak kita.
 
Emang kamu pernah ke akhirat Dang? Tidak. Sama seperti Anda yang hendak bepergian ke suatu negeri yang tidak pernah Anda kunjungi kan? Anda, tidak tahu tentang negeri itu selain dari sumber-sumber informasi yang Anda pelajari. Akhirat pun demikian. Kita mengetahuinya dari literatur-literatur yang menjelaskannya.
 
Anda tidak akan mengabaikan informasi penting dari literatur itu kan? Anda bersedia mendengarkannya. Mengikutinya. Dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Anda, tidak mempermasalahkan siapa yang menulis literatur itu. Jika menyangkut informasi penting tentang negeri asing yang hendak Anda kunjungi itu; Anda menerimanya dengan lapang dada.
 
Jadi, bagaimana petunjuk tentang negeri akhirat itu? Berimanlah kepada Allah. Dan, jangan pernah merenggut hak orang lain. Baik berupa kebendaan. Maupun dalam bentuk yang lainnya. Maka insya Allah, akan Allah mudahkan hidup kita didunia. Dan lebih dimudahkan lagi kehidupan kita diakhirat kelak.

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment