Home / Artikel / Anger Management

Anger Management

 
Salah satu permintaan training yang saya tolak adalah topik ‘Anger Management’. Karena, saya masih belum mampu mengelola diri sendiri soal kemarahan. Saya masih belum bisa menahan diri saat marah.
 
Kepada orang koplak yang melecehkan pohon yang saya tanam saja saya marah. Bagaimana pula seandainya ada begundalan yang terang-terangan melecehkan Al-Qur’an? Ooooarrghh….!
 
Tetapi semakin saya mendalami, semakin terasa bahwa pelajaran tentang anger management justru ada dalam kitab suci. Khususnya berkaitan dengan meraih ketenangan batin. Mendapatkan ketenteraman jiwa. Dan mengendalikan hawa nafsu.
 
Mungkin Anda pun sudah tahu jika dalam Al-Qur’an ditegaskan bahwa; pelajaran itu juga terdapat dalam Injil. Saya, beriman kepada Injil sebagaimana saya diperintahkan sebagai seorang muslim. Makanya, kadang saya membaca injil juga. Dan iman saya kepada Alloh, semakin kokoh.
 
Teman-teman saya di Bali. Begitu tenang dengan keimanannya kepada kitab suci mereka. Dan tetangga depan rumah saya seorang Budhis. Sama-sama tenteram kami hidup berdampingan. Tentu, saya tidak bicara tentang keberingasan kaum Budhis di Myanmar.
 
Baca kitab suci kamu. Maka kamu akan menemukan bimbingan menuju ketenangan batin. Kira-kira demikianlah resep anger management yang saya temukan.
 
Apakah resep ini berlaku juga buat Anda? Jika demikian, mari kita mulai sebuah gerakan bernama; “AYO MEMBACA KITAB SUCI SETIAP HARI!”
 
Dengan membaca kitab suci setiap hari, kita akan semakin paham terhadap apapun agama yang kita imani. Semakin baik pula akhlak, ucapan, dan perbuatan kita. Kepada Tuhan. Kepada diri sendiri. Kepada sesama.
 
Dan dengan membaca serta merenungi isi kitab suci setiap hari, kita akan mendapatkan petunjuk serta hidayah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian jika sudah menjadi insan binaan Tuhan, apakah masih kita butuhkan anger management?
 
Nggak usah ditebak-tebak jawabannya. Kita coba saja buktikan. Apakah kamu sudah membaca kitab sucimu hari ini? Dadang? Hayu. Baca sekarang.
Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, and Public Speaker

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment