Home / Artikel / AKIBAT KELAMAAN ISTIRAHAT

AKIBAT KELAMAAN ISTIRAHAT

 

Istirahat itu penting. Seperti akhir pekan ini misalnya. Tapi. Kita tidak boleh terlalu lama beristirahat. Jika ingin tetap menjaga performa tetap tinggi. Kenapa? Karena, istirahat yang terlalu lama membuat memori kita terkubur dalam-dalam.

Hal itu berlaku baik pada muscle memory, maupun brain mamory. Fungsi motorik tubuh kita akan berkurang jika beristirahat terlalu lama. Kalau kelamaan tidak olah raga kan kekuatan tubuh Anda makin berkurang toh?

Saya hanya berhenti sekitar 2 minggu saja karena ada kegiatan yang menyita waktu dan tenaga. Begitu berolah raga lagi, aduh hancur lebur deh badan ini.

Kabar baiknya, kita bukan atlit. Jadi soal menurunnya kemampuan berolah raga tidak jadi masalah buat karir kita. Kabar buruknya, penurunan muscle memory juga terjadi pada motorik pekerjaan teknis kita. Terlalu lama males-malesan menurunkan kemampuan kerja kita.

Yang paling berbahaya sebenarnya bukan males karena libur akhir pekan. Melainkan males karena kita emang kurang punya etos kerja. Kalau males karena libur kan paling cuman seminggu sekali. Males karena nggak profesional terjadinya ya setiap hari. Bahaya banget. Makanya banyak pekerja potensial yang cuman gitu-gitu ajah. Cuman gara-gara males doang.

Bagaimana dengan brain memory? Sama. Bakal berkurang kalau kita kelamaan libur mikir. Kalau Anda sering lupa pada berbagai hal, maka itu tandanya Anda terlalu sering nggak mikir. Karena, orang yang rajin mikir justru jarang melupakan sesuatu.

Jadi gimana dong? Kita nggak boleh istirahat gitu? Yeee… bukan begicuh. Boleh istirahat. Tapi jangan kelamaan. Jika ada hal produktif yang bisa dilakukan disaat istirahat, boleh juga tuch. Jadi, kita masih bisa istirahat sambil tetap menjaga kebugaran dan keterampilan baik secara fisik, maupun mental. Selamat berakhir pekan, teman.


Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment