Home / Artikel / 10 Kriteria Atasan Ideal

10 Kriteria Atasan Ideal

 
Saya bertanya kepada cukup banyak orang; “Apakah Anda puas dengan kualitas kepemimpinan atasan Anda?” Menurut pendapat Anda, jawabannya kira-kira apa ya?
 
Hampir semuanya – jika tidak bisa dikatakan 100% – menjawab: “Tidak”. Surprising? Nggak juga. Karena memang anak buah selalu mempunyai ekspektasi yang lebih tinggi dibandingkan apa yang bisa dilakukan oleh atasannya.
 
Kalau pertanyaan yang sama diajukan kepada anak buah saya, mungkin jawabannya sama. Anda? Kira-kira nggak jauh bedalah. Toh itu juga jawaban Anda kalau diminta menilai atasan Anda kan?
 
Kita cenderung tidak puas dengan kualitas kepemimpinan atasan kita. Susah, dapat atasan yang sesuai dengan keinginan kita. Soalnya, kita selalu berada pada posisi ‘terima apa adanya’ kan. Mana bisa kita milih atasan.
 
Baiklah, misalkan kita hidup didunia yang ideal sehingga boleh memilih atasan secara bebas. Silakan Anda tentukan 10 kriteria atasan yang paling ideal bagi Anda. Silakan tuliskan diselembar kertas. Berhenti dulu membaca artikel ini. Lalu pikirkan dan tuliskan:10 kriteria atasan ideal menurut Anda.
 
………
 
Sudah? Baiklah. Sekarang Anda sudah memiliki 10 kriteria atasan ideal itu. Artinya, orang yang memiliki kesepuluh kriteria itu pantas untuk menjadi atasan Anda. Dan jika dipimpin oleh atasan yang memiliki kesepuluh kriteria itu, maka Anda akan bekerja lebih sungguh-sungguh, lebih giat, lebih berdisiplin, dan lebih profesional. Betul? Tentu saja.
 
Pertanyaan saya. Kalau Anda kelak menjadi atasan juga, kira-kira kesepuluh kriteria atasan ideal yang Anda tuliskan itu didambakan oleh anak buah juga nggak? Silakan renungkan… iyya ya kayaknya. Orang lain pun memiliki harapan yang sama kepada kita jika kita mendapat amanah untuk memimpin mereka.
 
Jadi kesimpulannya apa? Kita, mungkin tidak mendapatkan atasan yang memiliki kriteria ideal seperti yang kita minta. Tapi kita, bisa menjadi atasan yang memililiki kesepuluh kriteria ideal yang kita tulis itu, ketika kita memimpin orang lain.
 
Jika Anda bisa mempraktekkan kesepuluh hal yang Anda tulis tadi, maka dikantor Anda sekarang ada satu orang atasan ideal. Dan atasan itu adalah; Anda. So, congratulation my friend.
Catatan kaki:
Kalau meminta atasan kita untuk menjadi seorang pemimpin yang ideal, belum tentu mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi kalau kita belajar memenuhi kriteria-kriteria atasan yang ideal, mungkin kita bisa mengadopsi pola perilaku yang lebih baik dalam memimpin orang lain.

Artikel
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment